Waspada! Kenali Tanda-tanda Ini di Tubuh Anda Sebelum Kanker Darah Menyerang

 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan terbukti mematikan. Terdapat banyak tipe kanker, tergantung dari organ mana kanker tersebut muncul.

Salah satu jenis kanker yang paling mematikan adalah kanker darah.

 

Pada kanker darah, sel kanker akan merusak sistem sirkulasi tubuh. Kanker darah akan mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah dan proses pembersihan darah. Kanker darah juga dapat merusak sumsum tulang.

 

Ada tiga jenis kanker darah. Jenis pertama adalah leukemia, dimana formasi dari darah dikurangi. Kedua adalah limfoma, yaitu kanker darah yang mempengaruhi sel darah putih. Dan yang ketiga adalah myeloma yaitu jenis kanker yang merusak plasma darah. Kanker darah juga mempunyai empat stadium dan setiap stadiumnya memiliki gejala yang berbeda.

 

Setiap stadium dapat menjadi semakin serius dan berat dibanding stadium sebelumnya.

 

Pada stadium pertama sel kanker muncul di kelemjar getah bening, pada stadium kedua sel kanker akan menyebar ke hati dan limpa, stadium ketiga ditandai dengan gejala dan tanda anemia dan stadium terakhir ditandai dengan penurunan paltelet darah secara drastis. Stadium akhir dari kanker darah ini sering menyebabkan kematian.

 

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai gejala awal dari kanker darah. Dengan mengenai gejala awal kanker darah dan mendapat pengobatan secepat mungkin akan memberikan hasil pengobatan yang maksimal.

 

Dilansir dokter.id, inilah gejala-gejala awal dari kanker darah:

 

Kelemahan dan badan pegal

 

Badan pegal dan kelemahan tubuh sering menjadi tanda awal dari kanker darah. Kelemahan dan badan pegal sering juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya. tetapi jika kelemahan berlangsung konstan maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Paling tidak Anda bisa melakukan tes darah jika Anda mengalami kelemahan yang terus menerus. Hal ini dapat menjadi deteksi awal dari kanker. Jangan anggap remeh gejala awal dari kanker darah ini.

 

Penurunan berat badan

 

Tanda awal kanker darah termasuk penurunan berat badan yang cepat dan penurunan nafsu makan. Penurunan berat badan yang tiba-tiba juga dapat terjadi karena penyakit tiroid atau penyakit lainnya. jika Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba, maka secepatnya periksakan diri Anda ke dokter karena penurunan berat badan dapat menjadi indikasi awal kanker darah.

 

Tes darah abnormal

 

Jika hasil tes darah Anda menunjukkan indikasi peningkatan sel darah putih atau sel darah merah, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan onkologis. Hasil tes darah yang abnormal merupakan salah satu tanda awal kanker darah yang harus ditanggapi dengan serius. Variasi dari hasil tes darah dapat merusak tubuh Anda dan Anda akan sangat beruntung jika bisa mengidentifikasinya pada stadium awal.

 

Pembengkakan kelenjar getah bening

 

Tanda awal kanker darah dapat mencakup pembengkakan kelenjar getah bening diikuti dengan demam, kelemahan, mual dan gangguan makan. Jika Anda dideteksi dengan gejala tadi masa segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Pembesaran kelenjar getah bening mungkin tidak dapat dideteksi dengan mudah, tetapi gejala-gejala yang disebut diatas dan diikuti pembesaran kelenjar getah bening harus segera ditanggapi dengan serius.

 

Mudah terkena infeksi

 

Tanda awal kanker darah juga termasuk mudah terkena infeksi. Penurunan imunitas tubuh yang disebabkan oleh turunnya sel drah putih dan lainnya menjadikan tubuh rentan terhadap berbagai jenis infeksi. Jika Anda merasa gejala ini, segera hubungi dokter Anda dan lakukan tes darah untuk mendeteksi kelainan sejak awal.

Leave a Comment