Wanita di Usia 30an Jangan Abaikan 5 Perkara Ini, Jika Tidak..

Bagi sebagian wanita, usia 30an dapat dikatakan sebagai waktu puncak.

Pada masa-masa tersebut, seorang wanita punya karier yang stabil serta keluarga sendiri. Kehidupan pun sudah cukup nyaman.

Tapi, jangan terus terlena. Sebab, saat berada dalam usia 30an, kesehatan wanita tidak akan sama seperti ketika di usia remaja sampai akhir 20an.

Bentuk tubuh bahkan banyak yang sudah tidak seperti saat zaman masih gadis dulu. Apalagi jika pada usia 30an tersebut, seorang wanita memiliki anak.

Kenapa Bisa Begitu?

Biasanya, ketika masuk usia 30 sampai 39 tahun, kesehatan wanita mulai jadi terabaikan. Mereka lebih cenderung ke karier, rumah tangga dan anak-anak yang bertambah besar.

Secara ilmiah, kesehatan wanita juga akan menurun karena fungsi tubuh menjadi kurang efisien. Karena itulah, wanita harus selalu peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di usia 30an.

Sama dengan mobil, tubuh wanita harus sering 'diservis' seiring dengan bertambahnya usia.

Dan untuk menjaga kesehatan tubuh di usia 30an, wanita tidak boleh mengabaikan 5 masalah berikut ini.

1. Otot Tubuh

Kalau mau bandingkan otot-otot tubuh di usia 30an memang tidak sehebat seperti saat remaja dulu.

Saat itu, semua aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Tapi sekarang, berjalan jauh sedikit saja napas sudah tersengal-sengal. Selain itu, badan cepat sekali terasa letih bila dibuat untuk kerja yang berlebihan.

Alternatif: Melatih diri dengan melakukan peregangan tubuh setiap hari. Berolahraga adalah cara yang terbaik untuk memperkuat stamina.

2. Makanan

Kalau dulu, makan apa saja biarpun lewat tengah malam, tidak akan membuat gemuk. Tapi sekarang, makan harus dikendalikan. Perlu diingat bahwa semakin meningkat usia, semakin menurut metabolisme dalam tubuh. Inilah salah satu di antara alasan mengapa badan mudah menjadi 'naik'.

Alternatif: Kurangi makan makanan yang diproses seperti makanan kaleng. Makan makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan dan kacang-kacangan. Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam diet sehari-hari.

3. Kesuburan

Usia adalah salah satu di antara faktor utama penyumbang kesuburan kaum wanita. Semakin tua usia wanita, semakin susah untuk memiliki anak.

Alternatif: Di antara faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesuburan adalah kesehatan tubuh dan gizi yang seimbang. Selain itu, jangan lupa dengan kekuatan doa kepada Yang Maha Kuasa.

4. Periksa ke Dokter

Banyak yang menganggap periksa ke dokter itu saat sakit saja. Ada juga yang berpendapat, jika sakitnya tidak berat, cukup dengan makan obat saja.

Pendapat tersebut boleh-boleh saja. Tapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan soal periksa ke dokter ini.

Alternatif: Setiap 2 tahun sekali, usahakan untuk melakukan pemeriksaan darah tinggi dan kolesterol.

Ini penting karena jika terdeteksi dini, dapat menyelamatkan Anda dari penyakit 3 serangkai yang mematikan yaitu kencing manis, stroke dan jantung.

5. Kesehatan Kulit

Gabungan stress, diet yang tidak seimbang, dan hormon dapat menyebabkan kulit kurang sehat dan nampak kusam.

Penggunaan pencuci muka dan lotion tubuh yang tidak sesuai dengan usia juga menyebabkan kulit jadi kering.

Alternatif: Gunakan produk perawatan diri yang sesuai dengan usia, karena itu akan membantu mempertahankan minyak alami dalam tubuh. Jika perlu, gunakan bahan alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Jadi, senyampang masih belum terlambat, pandanglah diri Anda sekarang dan bayangkan 10 tahun akan datang.

Apakah Anda ingin tetap jadi wanita yang anggun sama seperti di usia 20an atau ditimpa dengan berbagai masalah kesehatan pada hari-hari mendatang?

Pilihan ada di tangan Anda.



Leave a Comment