Usia terlalu dini memulai masa menstruasi? Makanan ini penyebabnya

 

Kajian tentang menstruasi, terutama bagi wanita selalu menjadi bahasan yang menarik. Kali ini, dunia ilmu pengetahuan ingin membongkar keterkaitan antara menstruasi dan makanan. Para peneliti ingin mengungkap bagaimana pengaruh kebiasaan makan pada munculnya siklus menstruasi pada remaja putri.

Setelah melakukan kajian para peneliti menemukan bahwa terlalu sering mengonsumsi daging merah dapat menyebabkan siklus menstruasi yang terlalu dini yang terkait pula dengan risiko kanker payudara, penyakit jantung, obesitas dan diabetes tipe-2.

 

Seperti yang dilansir melalui thehealthsite, remaja putri yang mengonsumsi daging merah lebih sering memulai siklus menstruasi lima bulan lebih cepat. Sebaliknya, remaja putri yang mengonsumsi lemak ikan seperti tuna dan sarden secara signifikan mengalami siklus menstruasi yang lebih lambat.

 

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat ini menjadi berkontribusi besar dalam menjelaskan pengaruh faktor makanan pada kemunculan pubertas.

 

Penelitian ini juga memberikan kejelasan hubungan antara konsumsi daging merah pada masa awal kehidupan (masa anak-anak hingga remaja) berhubungan dengan risiko kanker payudara di kemudian hari.

Leave a Comment