Ternyata Pakai Sendal Jepit Lebih Berbahaya dari High Heels

 

Selama ini, high heels sering disebut menjadi penyebab nyeri dan masalah kaki pada wanita. Namun ternyata, sandal jepit juga memberikan bahaya kecelakaan, demikian menurut penelitian terbaru.

Berdasarkan penelitian tersebut, sandal jepit bertanggung jawab atas 1,4 juta kasus kecelakaan lalu lintas di jalanan negara Inggris setiap tahunya. Hal itu dikarenakan ketika memakai sandal, kaki wanita tidak mampu menginjak pedal rem secara efektif.

 

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, sebanyak 1.055 pengendara wanita di Inggris dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi Sheilas’ Wheels.

 

Dari situ, mereka menemukan 27 persen wanita mengaku memakai sandal jepit membuatnya terlibat dalam kecelakaan. Bahkan 60 persen menuturkan kalau alas kaki menjadi penyebab utama mereka kehilangan kendali ketika berkendara.

 

“Tidak banyak orang yang tahu kalau alas kaki sangat memengaruhi keamanan dalam berkendara,” terang Jacky Brown dari Sheilas’ Wheels.

 

Sebab ternyata hanya ada satu dari lima pengendara yang tidak memusingkan alas kaki yang harus dikenakan jika ingin berkendara dengan aman dan nyaman, demikian menurut Brown.

 

Anda boleh tak percaya, tapi sebelumnya simak dulu fakta mengenai bahaya memakai sandal jepit seperti berikut ini:

 

1. Arthritis
Jika Anda terlalu lama memakai sandal jepit dengan posisi datar saat berjalan, maka dapat memicu timbulnya arthritis atau nyeri sendi.

 

2. Mengundang bakteri pada kaki
Jika Anda menggunakan sandal jepit sepanjang waktu, di udara terbuka, maka hal tersebut bisa menarik tidak kurang dari 15.000 bakteri untuk menempel di kaki Anda. Dan itu tentu merugikan bagi kondisi kesehatan Anda dan keluarga.

 

3. Bahaya saat mengemudi
Hindari mengemudi, baik itu dengan sepeda motor atau mobil, menggunakan sandal jepit. Apalagi yang telah longgar dan tipis. Permukaannya yang datar bisa menyebabkan slip dan tergelincir, sangat membahayakan keselamatan Anda.

 

4. Sakit punggung
Karena tak adanya penyangga di lengkungan kaki serta tumit, maka memakai sandal jepit terlalu lama dapat memicu timbulnya nyeri pergelangan kaki dan nyeri pinggul. Jika dibiarkan, maka dapat merembet menjadi sakit punggung.

 

5. Tak ada penyangga
Bentuk sandal jepit yang rata, tak mempunyai penyangga bagi tumit kaki dan lengkungan kaki pemakainya tersebut tidak baik bagi kenyamanan dan kesehatan. Alas kaki yang ideal adalah yang memiliki penyangga bagi tumit dan lengkungan kaki.

 

Survey terpisah juga membuktikan bahwa sandal jepis bisa menjadi salah satu pemicu kecelakaan. 1 dari 9 pengendara sepeda motor kecelakaan karena sandal mereka tersangkut pada pedal gas. Penggunanya juga masih bisa merasakan tertusuk duri.

Dengan semua pertimbangan ini, dokter menyimpulkan bahwa sandal jepit lebih berbahaya dari high heels. [

Leave a Comment