Telinga Suka Berdenging? Hal-hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Telinga adalah indra pendengaran yang sensitif sehingga bila terjadi sesuatu padanya tentu bisa membuat panik. Misal saja ketika telinga tiba-tiba terasa berdenging, kira-kira apa ya penyebabnya?

Dalam dunia medis, kondisi telinga yang tiba-tiba berdenging ini disebut tinnitus dan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Meski tak parah tapi kondisi ini bisa cukup mengganggu, terutama ketika seseorang sedang sibuk beraktivitas.

dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari RSIA Kemang menjelaskan umumnya telinga berdenging bisa terjadi karena apa yang disebut noise-induced hearing loss. Contoh dari hal ini adalah ketika ada suara ledakan petasan atau sirene yang lumayan dekat sehingga kemudian telinga pun berdenging.

Efek dengingan ini bisa terjadi sementara atau bisa permanen, tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi pada struktur telinga.

"Tapi tidak tertutup juga kemungkinan karena ada infeksi, kelainan pada pembuluh darah, terpapar obat-obat yang kurang sesuai, dan cedera kepala," kata dr Bagas ketika dihubungi detikHealth.

Telinga yang berdenging akibat infeksi, paparan obat, atau penyakit pembuluh darah ini bisa hilang sendiri bila sumbernya diatasi. Tapi untuk memastikan sumber tersebut dokter jelas perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kalau berdenging karena masalah kesarafan nggak bisa hilang sendiri. Kalau berdenging karena infeksi, sakit pembuluh darah atau jantung itu bisa hilang kalau diatasi," tutup dr Bagas menambahkan bahwa tak semua telinga berdenging bisa jadi tuli.

Leave a Comment