Studi: Bahan Soda Kue Mungkin Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Peneliti dari University of Utah, Amerika Serikat, melihat bahwa orang tua yang memiliki kandungan bikarbonat dalam darah rendah lebih berisiko untuk alami kematian dini. Hal ini ditemukan setelah 3.000 orang lanjut usia (lansia) yang diperiksa dalam rentang waktu 10 tahun.

Menurut pemimpin studi dr Kalani Raphael sekitar setengah dari partisipan yang berusia 70-79 tahun ini pada akhir penelitian meninggal dunia karena sebab-sebab natural. Namun dari yang meninggal, lansia yang kandungan bikarbonat darahnya rendah ditemukan 25 persen lebih mungkin meninggal daripada mereka yang normal.

Penyebab pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi masih belum jelas namun Raphael mengatakan ada kemungkinan berhubungan dengan sifat darah yang asam. Ketika tingkat bikarbonat menurun maka tubuh akan menjadi kurang efektif untuk menjaga tingkat keasaman (pH).

Bikarbonat yang diproduksi secara alami oleh metabolisme berperan menangkal sifat asam dari karbon dioksida dan produk-produk makanan atau minuman yang dikonsumsi. Studi sebelumnya menemukan bahwa saat asam tinggi, maka ginjal akan bekerja lebih keras dan seiring berjalannya waktu meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Baca juga: Eit! Jangan Asal Makan, Ini Asupan dengan Kadar Gula Tinggi

"Bikarbonat yang rendah juga diasosiasikan dengan inflamasi, hilangnya mineral dalam tulang dan massa otot. Jadi faktor-faktor ini mungkin memegang peran juga," kata Raphael seperti dikutip dari Livescience.

Namun demikian Raphael menekankan bahwa studi yang dipublikasi di Clinical Journal of the American Society of Nephrology ini tak menentukan hubungan sebab akibat. Studi tak bisa melihat apakah bikarbonat rendah sebagai penyebab orang mati dini atau malah indikator penyakit medis lain yang kemudian membuat orang-orang meninggal.

Saat ini yang jelas orang tua disarankan untuk menjaga tingkat bikarbonatnya secara alami dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Jangan dapatkan asupan langsung dari mengonsumsi soda kue karena dosisnya bisa berlebih dan membuat masalah baru.

Terlalu banyak bikarbonat dapat membuat perut berlubang, tekanan darah tinggi, dan kemungkinan terbentuknya batu ginjal.

Leave a Comment