Pria, jangan abaikan. Ini 6 hal sepele yang tunjukkan kanker

 

Terkait dengan kesehatan, banyak pria sering memilih untuk diam dalam kekhawatirannya daripada harus repot-repot melakukan pemeriksaan medis. Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Terkadang tubuh telah mengirimkan sinyal pada kamu untuk segera mengenalinya bahwa ada yang tak beres dengan tubuh.

Hanya saja, sikap kamu yang memilih untuk mengabaikannya justru membuat kamu tak menyadarinya. Tak jarang, sinyal yang dikirimkan tubuh itu terkesan sepele. Nah, untuk memudahkan kamu mengenalinya,berikut ini merupakan enam hal sepele yang menunjukkan gejala kanker, seperti yang dilansir melaluiaol.co.uk.

 

1. Pencernaan yang buruk

 

Mungkin kamu tahu bahwa pencernaan yang buruk seringkali menjadi gejala membingungkan dari serangan jantung. Tetapi apakah kamu tahu bahwa memiliki pencernaan yang buruk juga terkait dengan kanker, terutama kanker tenggorokan, dan perut?

 

Jika kamu mengalami gangguan pencernaan yang tak kunjung sembuh meskipun telah kamu obati, maka kamu layak curiga. Memeriksakannya ke dokter adalah cara bijak untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

 

2. Sering buang air kecil

 

Saat mencapai usia yang matang, para pria seringkali menemukan bahwa mereka butuh buang air kecil lebih sering. Kondisi ini seringkali terjadi pada malam hari. Tak jarang pria akan menemukan dirinya sulit untuk menahan keinginan untuk buang air kecil.

 

Tetapi, jika kamu menemukan perubahan yang signifikan dalam buang air kecil selama beberapa minggu atau bulan, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan. Tak menutup kemungkinan kondisi tersebut disebabkan oleh kanker.

 

3. Perubahan pada area pribadi

 

Kanker testis cenderung menyerang pria di usia 30-40an. Beberapa jenis kanker testis dapat berkembang dengan cepat. Pemeriksaan testis secara teratur akan memudahkan kamu memantau kesehatan area pribadi kamu tersebut.

 

Sebagai pemeriksaan sederhana, kamu bisa memperhatikan kemunculan gejala seperti benjolan bengkak, keras dan memberikan sensasi berat pada area skrotum. Jika kamu menemukan hal tersebut, kamu patut untuk segera memeriksakannya.

 

4. Munculnya darah

 

Dalam beberapa hal gejala kanker dimunculkan dengan keluarnya darah pada area yang tak semestinya. Terkadang darah muncul pada ludah,batuk, tinja dan urin. Darah yang muncul pada tinja, bisa disebabkan oleh wasir atau bahkan disebabkan oleh kanker usus besar.

 

5. Penurunan badan secara misterius

 

Kehilangan berat badan tanpa harus berusaha keras seperti olahraga atau diet? Jangan senang dulu, karena ini bisa saja disebabkan oleh kanker.

 

Gejala yang dimunculkan saat kanker menyerang salah satunya adalah kehilangan lebih dari 10 persen berat badan dalam jangka waktu 3-6 bulan dapat menjadi gejala yang cukup serius. Kamu harus segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang pasti.

 

6. Batuk yang tak sembuh-sembuh

 

Jika kamu mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama tiga minggu atau lebih, dan batuk kamu menjadi semakin parah, maka kamu patut untuk melakukan pemeriksaan. Hal ini terutama jika kamu adalah seorang perokok. Batuk kronis berkepanjangan dapat menjadi gejala bronkitis kronis atau kanker paru-paru.

 

Mengetahui gejala-gejala tersebut akan memudahkan kamu untuk membedakan antara kebiasaan normal dan gejala kanker yang memang seringkali membingungkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment