Pernah Temukan Darah di Tinja? Waspada, Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda

 

Banyak orang, terutama wanita yang mungkin merasa enggan untuk menceritakan apa yang terjadi saat mereka sedang buang air besar.

Akan tetapi, adanya darah di dalam tinja dapat merupakan suatu tanda bahaya yang memerlukan penanganan segera.

 

Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila Anda menemukan adanya darah pada tinja Anda. Warna darah yang ada pada tinja Anda dapat menjadi petunjuk di mana sebenarnya gangguan terjadi di dalam tubuh Anda.

 

Dilansir dokter.id, Bila darah tampak berwarna gelap, nyari hitam, maka hal ini berarti bahwa darah berasal dari saluran pencernaan bagian atas, seperti lambung atau kerongkongan. Adanya darah kehitaman pada tinja Anda menunjukkan bahwa Anda mungkin mengalami ulkus lambung.

 

Ulkus lambung merupakan hal yang cukup sering terjadi. Sekitar 10% orang di dunia pernah mengalami hal ini di sepanjang hidup mereka.

 

Pada sebagian besar kasus, penanganan ulkus lambung cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi obat, mengatasi stress, membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan berhenti merokok.

 

Sementara itu, bila Anda melihat darah berwarna merah tering atau merah tua, maka kemungkinan besar darah berasal dari saluran pencernaan bagian bawah seperti usus halus atau usus besar.

 

Wasir merupakan gangguan yang paling sering menyebabkan adanya darah berwarna merah terang pada tinja. Untuk mencegahnya, konsumsilah banyak serat.

Selain wasir, hal lainnya yang juga dapat menyebabkan adanya darah berwarna merah terang pada tinja Anda adalah fisura ani (luka lecet pada anus), yang dapat disebabkan oleh sembelit atau melahirkan.

Walaupun demikian, jangan langsung mengasumsikan bahwa darah yang ada pada tinja Anda disebabkan oleh wasir hingga dokter melakukan pemeriksaan.

Hal ini dikarenakan adanya darah di dalam tinja Anda juga dapat merupakan gejala dari suatu penyakit yang lebih serius seperti kanker usus besar.

Karena adanya darah di dalam tinja tidak selalu dapat dilihat oleh mata telanjang (karena jumlah terlalu sedikit), maka pencegahan merupakan hal yang sangat penting.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker usus besar secepat mungkin adalah dengan melakukan pemeriksaan kolonoskopi secara teratur (bahkan sebelum Anda berusia 50 tahun), terutama bila ada anggota keluarga Anda yang pernah menderita kanker saluran pencernaan.

Intinya adalah adanya darah di dalam tinja PASTI bukanlah sesuatu hal yang normal.

 

Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter terdekat bila Anda melihat adanya darah di dalam tinja Anda sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menentukan penyebab dari adanya darah pada tinja Anda.

Leave a Comment