Ngebir Sambil Ngerokok bisa jadi Pasangan Serasi ??????

 

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa banyak peminum bir membutuhkan efek stimulan dari nikotin yang membantu mengurangi rasa kantuk usai meminum minuman alkohol. Oleh karena itu ,  sebagian besar pecandu alkohol tak sadar bahwa ia merupakan juga merupakan seorang perokok.

National Institutes of Health di Maryland, Amerika Serikat memperkirakan bahwa sebanyak 90 persen dari pecandu alkohol juga merokok. Bahkan orang-orang tanpa ketergantungan alkohol diketahui menyalakan rokok hanya saat mereka tengah minum bir.

 

Meskipun hubungan antara minum dan merokok telah diakui secara luas, para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin dan percaya apa yang membujuk seorang peminum menikmati bir sambil membakar rokok batangan itu. Atas dasar itu , tim peneliti dari University of Missouri mencoba memberi tikus-tikus nikotin elektroda rekaman tidur dan alkohol.

 

Dikutip dari Setelah mengamati efek dari dua obat pada otak tikus, peneliti akhirnya menarik kesimpulan efek stimulan nikotin membantu untuk menangkal kantuk yang disebabkan oleh konsumsi alkohol. Nikotin khusus dipengaruhi otak depan basal tikus, area otak yang berhubungan dengan refleks, pemahaman, dan yang paling penting yaitu perhatian. Alkohol menjadi penekan (depressant) dan menghambat sistem saraf pusat. Oleh karena itu, bisa masuk akal bagaimana stimulasi ini membantu melawan efek menginduksi tidur dan meningkatkan kewaspadaan.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa setiap tahun terdapat sekitar enam juta kematian dikaitkan dengan penggunaan nikotin. Sementara sekitar tiga juta data kematian yang terekam WHO karena penggunaan alkohol yang berlebihan.

Leave a Comment