Mengapa orang selalu mengantuk setelah makan?

 

Ini adalah kejadian yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Setelah makan, maka mata akan terasa berat dan beberapa menguap seakan tidur adalah solusi terbaik.

Pernahkah Anda bertanya mengapa demikian? Itulah yang akan kita bahas sekarang.

Orang mengantuk setelah makan adalah tanda bahwa terjadi pembakaran di dalam tubuh. Pembakaran tersebut menyita banyak oksigen. Sehingga tubuh akan bereaksi dengan cara menguap yang dilakukan untuk menarik oksigen sebanyak-banyaknya lewat mulut.

Saat pembakaran makanan di dalam, tubuh akan kehilangan oksigen sekitar 20-40 persen, tergantung tingkat kekenyangan Anda. Itulah sebabnya setelah selesai makan, napas Anda akan semakin berat. Semakin kenyang, maka semakin berat napas. Dalam istilah medis hal tersebut disebut hiperventilasi.

Mengantuk merupakan reaksi tubuh untuk menstabilkan kondisi saat terjadi syok biokimia. Darah akan menjadi miskin oksigen dan menyebabkan pasokan enzim pencernaan menjadi berkurang.

Lantas bagaimana caranya agar kita tidak mengantuk setelah selesai makan?

Cara terbaik adalah tidak makan terlalu kenyang. Karena mengantuk juga dipengaruhi oleh seberapa banyak makanan yang masuk. Biasanya, jika sudah terlalu kenyang, tubuh tidak dapat menahan kantuk dan akhirnya tertidur. Nah, jika tertidur, maka itu akan memicu obesitas alias berat badan berlebih.

Cara kedua adalah dengan membatasi makanan yang tinggi kandungan gula dan tepung. Lebih dianjurkan ntuk mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan kenaikan tinggi gula darah seperti sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, atau ayam.



Leave a Comment