Makan Ikan Asin Sehatkah?

 

Banyak yang meremehkan makanan dari olahan ikan yang satu ini. Ikan asin sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang dan terkesan sebagai lauk pauk makanan orang yang kurang mampu. Tapi tunggu dulu, ada juga beberapa jenis ikan asin yang ternyata harganya tidak murah, bahkan sekilonya bisa melebihi harga daging sapi.
 
Alasan yang membuat ikan asin populer di klangan masyarakat menengah kebawah adalah harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu rasa asinnya yang khas membuat ikan asin sangat pas untuk dijadikan lauk pauk dan ditemani dengan nasi dan sayur asem. "hemb... pasti yang dirumah sudah ngiler"
 
Kamu sering makan dengan ikan asin? Tapi kamu tau nggak sih manfaat atau kebaikan dari ikan asin selain rasanya yang asin? Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan asin.
 
Lauk-pauk bergizi
 
Tau nggak sih, ikan asin itu lauk yang bergizi? Biasanya ibu dirumah sering menyajikan ikan asin dengan nasi dan hanya di temani dengan sambal dan sayur asem. Ikan asin mengandung banyak kalsium, kenapa? karena ikan asin biasa dimakan dengan tulangnya.
 
100 gram ikan asin mengandung 200 mg kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu. Tapi sebaiknya ikan asin diimbangi dengan lauk lain seperti tempe dan tahu untuk memenuhi kebutuhanmu akan protein. Untuk mendapatkan ikan asin berkualitas kamu bisa membelinya di pasar.
 
Ikan asin membantu mempercepat penyembuhan luka
 
Ikan asin mengandung zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin. Zat besi berperan penting dalam penyembuhan luka. Namun ini tidak berlaku bagi kamu yang mengalami hemofilia.
 
Mencegah anemia
 
Zat besi yang terkandung dalam ikan asin juga berfungsi untuk mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Zat besi berperan dalam tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehingga mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah atau anemia.
 
Menjaga daya tahan tubuh
 
Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan tubuh anda bagus, maka anda akan tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.
 
Membantu pembentukan otot
 
Manfaat ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gr protein per 100 gr nya. Protein ini akan sangat bermanfaat untuk membentuk otot dan menambah masa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot. Namun demikian kandungan manfaat garam yang tinggi pada ikan asin membuat anda tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya.

Leave a Comment