Kebiasaan Ini Bisa Menimbulkan Jerawat

 

Ada banyak faktor yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Makanan yang berminyak, alat kosmetik, cuaca hingga sampai faktor genetik.

Pun halnya dengan kebiasaan, banyak kegiatan yang tidak kamu lakukan justru menjadi pemicu munculnya jerawat.

 

Berikut ini kebiasaan buruk yang bisa membuat wajah kamu berjerawat, yang sebaiknya kamu hindari:

 

Menggosok Muka

 

Membersihkan wajah memang baik, namun jangan dilakukan sesering mungkin. Bahkan kamu bisa menyebabkan iritasi kulit jika menggosong bagian wajah terlalu kuat saat membersihkannya.

 

Karena, terlalu sering discrubbing, kulit wajah akan tersumbat pori-porinya. Cukup menggosok wajah dua minggu sekali agar tidak muncul jerawat.

 

Makan Berminyak

 

Mengurangi konsumsi makanan yang berminyak sangat bagus untuk menghindari munculnya jerawat. Karena makanan berminyak bisa merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak yang berlebih. Wajah yang berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

 

Merokok

 

Memang ini masih menjaid perdebatan para ahli dermatologis, apakah rokok dapat menyebabkan jerawat atau tidak. Namun yang jelas, rokok memang sangat berbahaya untuk semua jenis kulit yang menyebabkan peradangan.

 

Merokok juga dapat mengurangi daya kekebalan tubuh dan perubahan keseimbangan hormon.

 

Sunblok

 

Melindungi diri dari paparan sinar matahari memang sangat dianjurkan, Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari kulit terbakar bahkan kanker kulit. Namun kamu harus memperhatikan apakah produk sunblock yang kamu pakai tidak menimbulkan minya yang bisa menyumbat pori-pori.  

 

Alat Make Up Kotor

 

Secara umum, menggunakan peralatan kosmetik yang tidak bersih merupakan penyebab munculnya jerawat. Kuas make up, merupakan salah satu media yang bisa membuat bakteri tumbuh subur.

Sebaiknya lakukan pembersihan kepada alat make up yang sering kamu pakai. Agar wajah terhindar dari jerawat.

Leave a Comment