Jika Tidak Bisa Mengeluarkan Keringat, Ini Yang Bakal Dialami Tubuh

 

 

Keringat kadang dikeluhkan oleh sebagian orang yang mengalami bau badan, sebab dapat membuat aroma tak sedap tubuh mereka makin parah tersebar. Padahal manfaat keringat sangat banyak lho, untuk kesehatan tubuh.

Coba bayangkan seandainya tubuh Anda tidak bisa secara alami mengeluarkannya, maka akan terjadi beberapa hal negatif yang bakal merugikan kesehatan diri sendiri. Jadi apa yang bakal terjadi jika Anda tak bisa Berkeringat walau cuaca sedang sangat panas? Laman Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

Suhu tubuh tinggi

Salah satu manfaat dari keluarnya keringat adalah menurunkan suhu tubuh saat sedang panas. Jika tidak maka kerja oragn tubuh bisa terganggu sebab suhu normal tubuh tidak terjaga. Beberapa jenis penyakit pun rentan terjadi jika panas tubuh tidak terkendali.

Gampang sakit

Keluarnya keringat melalui kelenjar keringat bermanfaat juga untuk membersihkan tubuh dari racun tubuh serta kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Keringat juga bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika tak berkeringat, maka tubuh akan lebih mudah sakit.

Infeksi kulit

Tak bisa berkeringat akan memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi kulit, sebab racun yang menumpuk di bawah permukaan kulit tak bisa keluar. Selain itu tidak bisa berkeringat juga tanda bahwa kulit Anda abnormal.

Sakit batu ginjal

Saat berkeringat, maka sebagian natrium atau garam yang berlebih akan keluar bersama zat yang sudah tak berguna lainnya. Ini meringankan kerja ginjal, karena tidak akan terjadi penumpukan batu ginjal.

Tidak senang

Saat berkeringat usai aktifitas fisik, tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin yang berfungsi membuat mood jadi lebih baik dan bahagia. Itu sebabnya perasaan Anda umumnya akan terasa lega seusai berolahraga dan berkeringat.

Masih ada beberapa lagi manfaat dari berkeringat yang didapat tubuh sehingga Anda patut bersyukur jika masih bisa berkeringat.

Leave a Comment