Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Hampir setiap orang sudah mengenal manfaat buah alpukat. Tak hanya kaya akan vitamin dan juga mineral, buah yang memiliki rasa enak ini juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung serta buah ini juga sangat baik sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan buah yang memiliki nama latin Persea americana ini mengandung 14 mineral dan 11 vitamin, mulai dari vitamin B2, B3, vitamin C, kalium, potasium dan masih banyak lagi. Namun tak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, ternyata biji alpukat juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan tahukah Anda jika bagian alpukat yang sering dibuang ini justru memiliki khasiat yang lebih baik jika dibandingkan buahnya.

Dibandingkan dengan buahnya, biji alpukat kaya akan antioksidan dan serat yang tinggi. Sejumlah dokter juga membernarkan hal ini. untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh.

Inilah manfaat biji alpukat untuk kesehatan

Kaya akan antioksidan

Biji alpukat kaya akan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore pada tahun 2003 yang lalu melakukan penelitian terhadap biji mangga, biji asam, biji nangka dan juga biji alpukat. Diantara biji tersebut biji alpukatlah yang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan daging dan kulitnya, biji alpukat mengandung 70 persen antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji alpukat, tentu saja dapat membuat biji yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk menangkal segala macam penyakit.

Kaya akan potassium

Yang kedua adalah biji aplukat kaya akan potassium. Potassium merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah dan juga dapat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah artikel yang dirilis oleh California Avocado Society menyatakan bahwa biji alpukat kaya akan potassium. Akan tetapi kandungan potassium pada biji alpukat akan semakin berkurang seiring alpukat bertambah matang. Oleh karena itu untuk mendapatkan kadar potassium yang maksimal, pilihlah buah alpukat yang masih muda dan belum terlalu matang. Manfaat biji alpukat lainnya juga dapat membuat tulang lebih sehat.

Kaya akan serat larut

Selanjutnya biji alpukat juga kaya akan serat larut yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society, serat larut yang dikonsumsi secara rutin sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan menjaga kesehatan jantung.

Cara memanfaatkan biji alpukat

Biji alpukat memiliki rasa yang sangat kuat, sehingga untuk memanfaatkannya campurkan biji alpukat dengan buah yang memiliki rasa yang dominan, seperti mangga, berry ataupun nanas. Cara paling umum adalah memanfaatkannya sebagai campuran smootihies. Caranya, belah biji alpukat menjadi beberapa bagian lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu Anda bisa memasukkannya pada smoothies yang Anda buat dan blender kembali hingga rata. Selain itu, bji alpukat juga dapat dijadikan sebagai bumbu masakan. Caranya jemur biji alpukat hingga kering kemudian parut biji alpukat tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat biji alpukat untuk kesehatan.

Leave a Comment