Inilah Khasiat Memakan Petai yang Belum Kalian Ketahui

 

 

Petai memiliki kandungan gizi yang sangat besar dan faedah yang begitu banyak. Petai memiliki kandungan gula alami yakni fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berkombinasi dengan kandungan serat.

Selain memiliki 3 kandungan 3 gula alami diatas, petai juga memiliki kandungan zat-zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan seperti Karbohidrat, Vitamin A, Zat besi, serta Mineral.

 

 

Mengkonsumsi petai dalam jumlah yang wajar mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat petai untuk tubuh :

1. Tingkatkan Kekuatan Otak
Satu riset diakukan pada 200 siswa di kota Twickenham, London, Inggris. Mereka membiasakan diri makan petai saat sarapan pagi, waktu istirahat serta saat makan siang. Selanjutnya, 200 siswa ini dapat lulus sekolah dengan mudah.

Penelitian itu memperlihatkan kalau kandungan mineral kalium yang ada pada petai sangat tinggi. Kalium dapat meningkatkan kemampuan otak dan memberi konsentrasi yang baik.

2. Tingkatkan Energi
Kandungan gula alami pada petai berbentuk fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berkombinasi dengan serat dapat menghasilkan energi. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa ketika kita mengkonsumsi petai maka dia akan memberikan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan selama satu 1/2 jam. Tidak mengherankan jika petai sangat disukai beberapa atlet berolahraga.

3. Mengatasi Depresi
Petai memiliki kandungan Tryptophan, yakni semacam protein sebagai zat awal serotonin. Kandungan itu menolong otak jadi santai, dan membuat orang menjadi bahagia.

4. Mengobati Anemia
Anemia yaitu menyusutnya sel darah merah atau berkurangnya jumlah hemoglobin dalam darah. Beberapa tanda anemia adalah kepala pusing, pucat, sesak nafas, jantung berdetak tidak teratur, kehilangan tenaga, kram dan sulit tidur. Untuk mengobati anemia, disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Makanan seperti buah aprikot, jagung, telur, kangkung dan petai memiliki kandungan zat besi tinggi.

5. Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Petai mempunyai kandungan mineral kalium yang begitu tinggi tetapi rendah garam. Kandungan itu baik untuk mengobati darah tinggi.

6. Mengatasi Sembelit
Jika Anda sulit buang air besar atau sembelit, mungkin saja pencernaan Anda bermasalah. Makan buah petai dapat menghilangkan sembelit karena petai mempunyai banyak kandungan serat yang dapat menormalkan sistem pencernaan dan memudahkan buang air besar.



Leave a Comment