Ingin Sehat dan Beruntung Saat Imlek? Makanlah Jeruk Mandarin!

Menjelang perayaan Imlek, jeruk mandarin mulai banyak dijajakan di pasar. Orang mempercayai bahwa jeruk mandarin dapat mendatangkan limpahan keberuntungan, mulai dari rezeki yang makmur hingga kesehatan.

Selain warnanya yang menggugah selera, jeruk mandarin mudah dibedakan dari jeruk lainnya karena ukurannya yang lebih kecil, lebih gampang dikupas, dan rasanya lebih manis.

Manfaat Jeruk Mandarin

Sama seperti jeruk pada umumnya, jeruk mandarin memiliki kalori yang rendah yaitu 53 kalori per 100 gram. Selain itu, jeruk mandarin mengandung antioksidan seperti naringenin, naringin, hesperetin, vitamin A, carotenes, xanthins dan lutein yang lebih tinggi dibandingkan jeruk lain.

Jeruk sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang dapat berperan untuk penyembuhan luka, antivirus, dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

Jeruk mengandung serat mudah larut dan tidak mudah larut seperti hemiselulosa dan pektin yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Serat juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan.

Memilih dan Menyimpan Jeruk Mandarin

Pilihlah jeruk mandarin yang terlihat "sehat" seperti berwarna oranye terang dan terasa berat di tangan. Hindari memilih jeruk mandarin yang banyak bintik-bintik atau terasa kosong saat digenggam.  

Untuk penyimpanannya, Anda bisa meletakkan jeruk mandarin di kantong plastik dan lemari es. Umumnya jeruk mandarin dapat bertahan hingga satu minggu. Namun, usahakan untuk mengonsumsinya sesegera mungkin supaya Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Menyiapkan dan Menyajikan Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin memiliki kulit buah untuk mencegah kontaminasi. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya bersihkan dengan lap basah untuk menghilangkan debu atau wax (yang pada umumnya digunakan untuk melapisi buah saat dipajang di pasar atau swalayan). 

Seperti jeruk pada umumnya, jeruk mandarin bisa langsung dimakan tanpa tambahan apa pun. Selain itu, Anda bisa memprosesnya menjadi air jeruk perasan dan jus. Kulit jeruk juga sering ditambahkan pada salad atau dibuat menjadi permen.

Leave a Comment