Hei pria, tebak kesehatan jantungmu dari ukuran leher!

 

Pria, pernah memerhatikan ukuran lehermu? Ya, memang ukuran leher setiap orang berbeda-beda. Lalu apakah pentingnya mengetahui ukuran leher? Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Brazil menemukan bahwa pria yang memiliki leher besar berada pada risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Kesimpulan ini didapatkan dengan menganalisis sekitar 4.000 pria. Para peneliti menentukan lingkar leher rata-rata untuk seorang pria sekitar 15 inci. Seperti yang dilansir melalui men'shealth, Untuk setiap peningkatan 1 inci lingkar leher dari ukuran rata-rata tersebut, maka terjadi peningkatan resistensi insulin sebesar 32 persen.

 

Tak hanya itu, mereka juga mengalami peningkatan risiko tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, dan penurunan kolesterol baik. Masing-masing angka yang ditunjukkan adalah 24 persen, 50 persen, dan 22 persen.

 

Lalu bagaimana bentuk keterkaitannya?

 

Timbunan lemak di sekitar leher dapat menghasilkan zat inflamasi yang menyebabkan penumpukan plak di arteri karotis leher. Penumpukan plak inilah yang menghambat kesehatan jantungmu.

 

Dengan begitu, berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pria dengan lingkar leher yang lebih besar memiliki risiko tiga kali lebih besar terserang penyakit jantung.

Leave a Comment