Hati-Hati, Wanita Ternyata Lebih Rentan Terkena Hipertensi

 

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi banyak menyerang kaum wanita dibandingkan pria. Sebab wanita saat ini memiliki beban seperti pria seperti mencari nafkah untuk keluarga.
 
Pendiri Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP (K), menjelaskan bahwa wanita lebih rentan terkena hipertensi karena beban kesibukannya.
 
"Selain hormonal, gaya hidup pun sangat memengaruhi. Ia harus bekerja sambil mengurus rumah tangga. Tidak seperti dahulu wanita hanya mengurus keluarganya saja, seperti contoh ibu saya," ujar dr. Arieska saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Februari 2016.
 
Untuk itu, dr Arieska memberikan lima langkah sederhana dalam mencegah hipertensi.
 
1. Olahraga
Lakukan olahraga secara teratur karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.
 
2. Menjaga pola hidup sehat
Pilih makanan yang bergizi serta mengurangi garam. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium sebab mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
 
3. Kurangi garam dalam diet
Pengurangan pada sodium dapat menurunkan tekanan darah hingga 2 - 8 mmHg. "Garam menyebabkan suatu daya menahan cairan pada tubuh hingga menyebabkan tekanan darah," tambah dr Arieska.
 
4. Mengontrol berat badan, tekanan darah, dan gula dalam darah
Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dan mintalah ke dokter agar memberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.
 
5. Berhenti merokok 
Merokok melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Berhenti merokok merupakan salah satu upaya dalam mengubah gaya hidup sehat.

Leave a Comment