HATI-HATI!!! Ini Dampak Buruk Bermain Media Sosial Saat Jelang Tidur

 

Bagi masyarakat modern yang kini sudah sangat akrab dengan internet, jejaring sosial tentu bukan hal yang asing lagi. Ada banyak jenis jejaring sosial yang digunakan masyarakat, untuk menjalin pertemanan atau fungsi lainnya.Pada zaman sekarang, terdapat satu kebiasaan yang sering dilakukan sebelum tidur, yaitu membuka telepon genggam.

Malam hari menjelang tidur, ketika pikiran lebih santai, merupakan saat yang tepat untuk bermain dan berkomunikasi dengan teman lewat media sosial. Namun, hati-hati, sebaiknya jangan jadikan kegiatan itu sebagai rutinitas.

Pasalnya, menurut penelitian di University of Pittsburg School of Medicine menemukan bahwa responden muda berusia 19 hingga 32 tahun memiliki gangguan tidur lebih parah karena sering menghabiskan waktu bermain media sosial sebelum tidur.

Selain bermain media sosial, ada dua hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan untuk menghindari kesulitan tidur malam.
Berikut uraiannya:

1. Membaca lewat iPad
Menurut hasil survei, membaca dengan sinar yang berasal dari perangkat elektronik sebelum tidur menyebabkan gangguan jam tidur sehingga berpengaruh buruk pada kesehatan Anda.
Peneliti menyarankan, lebih baik membaca buku cetak dengan penerangan yang tepat.

2. Mengudap camilan dengan kandungan gula dan lemak tinggi
Memanjakan diri dengan satu lapis kue keju memang menyenangkan untuk membuat perut kenyang sehingga lebih mudah terlelap.

Namun, menurut hasil studi tahun 2016 silam dari American Academy of Sleep Medicine, makanan manis pada malam hari bisa membuat mata terus terjaga, sama halnya dengan efek meminum kopi. Jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah yang mengandung serat tinggi.

Leave a Comment