Hati-Hati Dengan Tanda Ini Bisa Jadi Kamu Kekurangan Zat Besi

Posted on 2016-05-17 16:34



 

Zat besi adalah mineral penting untuk tubuh. Salah satu manfaat penting zat besi adalah mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi maka tubuh akan mudah merasa lelah dan gelisah. Selain itu tubuh juga akan merasa tidak nyaman.

Berikut adalah tanda jika tubuh kamu kekurangan zat besi seperti yang dilansir top10homeremedies.com yaitu:

 

  • Pusing

    Saat tubuh kekurangan zat besi tanda penting yang harus kamu ketahui adalah kepala mudah pusing. Zat besi sangat penting untuk produksi hemoglobin yang membantu tubuh untuk menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen maka akan menjadi mudah pusing.

     
  • Sesak Napas

    Hal ini terjadi karena zat besi yang rendah dalam darah menyebabkan oksigen tidak mencapai ke seluruh bagian tubuh. Ketika oksigen rendah maka pernapasan kamu akan sesak. Saat tubuh kurang zat besi sesak napas ini dapat terjadi karena hal-hal sepele seperti naik tangga, dan berjalan membawa barang-barang ringan.

     
  • Pucat

    Tanda lain tubuh yang kekurangan zat besi adalah kulit terlihat pucat dari biasanya. Tanda lain adalah gusi, kelopak mata bagian dalam dan bibir kurang merah dari biasanya. Jika kamu merasa tanda tersebut ada padamu segera periksakan diri kamu ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

     
  • Telapak Tangan dan Kaki Dingin

    Jika kamu kekurangan zat besi maka telapak tangan dan kaki akan menjadi dingin. Hal ini disebabkan tubuh kekurangan zat besi yang salah satu fungsinya alah menghangatkan tubuh. Jika peredaran darah tidak lancar maka suhu tubuh akan rendah yang berakibat pada telapak tangan dan kaki jadi lebih dingin.

     

 

Ladies, menjaga kesehatan tubuh sangat penting termasuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Jika kamu mengalami tanda di atas segera periksakan diri ke dokter dan konsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan zat besi. Semoga bermanfaat.






Informasi Kesehatan Lainnya

Posted on 2016-05-19 12:30