Fakta Unik Seputar Lidah

 

Lidah memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tapi, seberapa dalam pengetahuan Anda mengenal lidah selama ini?

 

Jika ditanya apakah fungsi lidah, kira-kira jawaban apa yang akan Anda berikan? Lidah yang terdapat dalam rongga mulut mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia.

Karena itu, wajib bagi kita untuk memastikan bahwa lidah selalu bersih dan sehat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar lidah mengenai keunikan serta kegunaannya:  

  1. Warna pada lidah dapat mencerminkan kesehatan seseorang.

Lidah yang sehat mempunyai warna merah jambu. Bila terjadi perubahan warna pada lidah yang bukan disebabkan oleh makanan (seperti kemerahan dan bengkak), maka kondisi tersebut bisa merupakan peradangan. Tidak hanya kemerahan saja, perubahan warna bisa menjadi keputihan dan kehitaman bergantung dari jenis penyakit yang tengah menjangkiti. Perubahan warna dan tekstur pada lidah juga bisa terjadi karena adanya penyakit keganasan serta infeksi virus HIV.

  1. Lidah bisa membedakan lima macam rasa.

Segala makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki berbagai macam rasa. Lidah dapat membedakan macam-macam rasa itu ke dalam lima jenis: manis, pahit, asin, asam, dan yang kelima adalah umami yang merupakan rasa yang berasal dari glutamat (MSG).

  1. Lidah merupakan otot terkuat.

Lidah terdiri dari sekumpulan otot dan sering dikatakan sebagai otot yang terkuat pada tubuh manusia. Kumpulan otot yang membentuk lidah memungkinkan lidah untuk berubah posisi, berubah bentuk dan membantu dalam berbicara.

  1. Lidah dapat menjadi sarang bakteri.

Untuk mendukung kesehatan gigi dan rongga mulut, kebersihan lidah juga perlu diperhatikan. Bersihkan lidah dengan menggunakan sikat berbulu lembut atau pembersih khusus lidah, agar bisa mencegah penyakit gusi serta gigi berlubang.

  1. Bakteri pada lidah bisa menyebabkan bau mulut.

Tumpukan bakteri pada lidah yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan bau mulut pada seseorang.

Leave a Comment