Efek Samping Obat-obatan Ini Sungguh Mengerikan, Lidah Berbulu hingga Sidik Jari Hilang

Obat telah dikenal manusia sejak lama sekali. Berbagai penyakit berhasil sembuh berkat obat.

Seiring dengan perkembangan farmasi, obat telah mengalami kemajuan yang sangat menakjubkan.

Jika dahulu kala orang harus mengumpulkan bahan obat dan membuatnya secara manual, kini pabrik obat telah menggunakan bahan kimia dan mesin untuk memproduksi obat dalam jumlah besar.

Sayangnya, unsur kimia di dalam obat modern bisa menimbulkan efek samping yang lebih kuat daripada obat tradisional.

Efek samping obat yang umum diketahui masyarakat adalah mual, muntah, pusing atau jantung berdebar-debar.

Namun tahukah anda bahwa di luar sana terdapat beberapa obat yang menyebabkan efek samping yang aneh dan tidak biasa.

Dan berikut ini 9 obat yang mempunyai efek samping paling aneh di dunia.

1. Alli

Alli adalah obat penurun berat badan yang dijual di pasaran dan mendapat persetujuan dari badan pengawas obat Amerika Serikat. Obat ini bekerja dengan cara menghambat penyerapan sebagian lemak yang Anda makan. Akan tetapi, Anda harus mengurangi asupan lemak jika sedang mengonsumsi obat ini.

Alasannya? Obat ini akan menyebabkan lemak yang tidak diserap tubuh langsung keluar dari tubuh. Artinya, jika mengonsumsi terlalu banyak lemak, perut Anda akan menjadi kembung, sehingga memicu pembuangan yang sulit dikontrol.

2. Chantix

Ini bukan obat agar para wanita terlihat cantik. Tapi Chantix merupakan obat yang telah terbukti banyak membantu perokok menghentikan kebiasaan buruk mereka.

Akan tetapi, obat ini juga mendatangkan efek samping insomnia. Selain itu, dalam sebuah penelitian, dari 3.000 pasien pecandu nikotin, 90% di antaranya mengalami depresi dan dorongan untuk melakukan bunuh diri.

3. Viagra

Siapa yang tak kenal dengan obat satu ini. Tapi, pada kasus tertentu, obat ini juga bisa menimbulkan efek samping aneh yaitu gangguan penglihatan.

Bagi sebagian orang, setelah mengonsumsi obat ini semuanya akan terlihat berwarna biru. Hal ini dialami oleh seorang tukang pipa dari Inggris bernama John Pettigrew yang berusia 58 tahun.

Namun, berdasarkan keterangannya, Pettigrew mungkin menggunakan pil ini terlalu banyak. Jadi, meskipun Anda menikmatinya, jangan lupa hindari penggunaan yang berlebihan.

4. Lipitor

Lipitor adalah obat menyerupai statin yang biasa digunakan untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, obat ini juga bisa menyebabkan amnesia pada beberapa kasus.

5. Pepto bismol

Jika perut mulas,tidak nyaman atau diare, Anda mungkin akan menggunakan pepto bismol untuk mengatasinya. Obat ini mudah diperoleh di pasaran.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati. Sebab, obat ini juga menimbulkan efek samping yang aneh sekaligus bisa membahayakan. Obat ini bisa membuat lidah berwarna hitam dan berbulu serta membuat kotoran hasil pembuangan berwarna hitam atau abu-abu.

6. Xeloda

Obat ini digunakan untuk mengatasi beberapa jenis kanker. Namun ada efek samping aneh yang menyertainya. Xeloda bisa menyebabkan peradangan pada telapak tangan dan kaki yang dikenal juga dengan hand-foot syndrome.

Selanjutnya, peradangan ini bisa menyebabkan penebalan dan pengelupasan kulit sehingga bisa menghilangkan sidik jari. Kasus ini pernah terjadi pada pasien kanker pengguna xeloda dari Singapura.

Pasien tersebut sempat ditahan di bandara di AS karena petugas tidak bisa mengambil sidik jarinya.

7. Ambien

Ambien atau zolpidem tartrat digunakan untuk pasien penderita gangguan tidur atau insomnia.

Akan tetapi, beberapa laporan mengatakan kalau obat ini bisa memicu pasien melakukan aktivitas secara tidak sadar selama tidurnya.

Mereka mengalami perilaku yang aneh saat tidur seperti makan, berjalan- jalan, mengobrol di telepon, memasak, bahkan berhubungan seks dan mengemudikan mobil.

8. Vasotec

Obat ini biasa diresepkan dokter untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan gagal jantung kongestif. Namun vasotec ternyata juga bisa menimbulkan efek samping yang aneh. Pengguna obat ini akan kehilangan kemampuan merasa dan mencium.

9. Mirapex

Mereka yang mengonsumsi Mirapex (dengan nama generik pramipexole) akan mengalami amnesia sementara yang merupakan efek samping dari obat tersebut.

Mirapex digunakan untuk mengendalikan gejala Parkinson dan pada orang yang mengalami Restless Leg Syndrome (RLS).

Selain amnesia, Mirapex juga menimbulkan masalah peningkatan selera makan dan gairah seksual berlebihan.

Dengan melihat efek samping yang cukup mengerikan itu, jangan coba coba untuk mengonsumsi obat secara sembarangan. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan meski dalam labelnya tertulis bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Leave a Comment