Dianggap Busuk Makanan ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan

 

Makanan atau bahan makanan yang telah melalui proses fermentasi atau diawetkan sebenarnya bukan mkanan busuk, atau dengan kata lain sebenarnya makanan ini sudah tak lagi segar dan mengandung bakteri. Tapi jangan salah, karena bakteri yang terkandung di dalam makanan frmentasi adalah bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan terutama sistem pencernaan.

Dan berikut adalah jenis makanan busuk yang ternyata menyehatkan, seperti dikutip dari Boldsky.

 

Keju

 

Keju terbentuk ketika susu diberi bakteri dan enzim yang mengakibatkan susu menggumpal dan berbuih. Setelah susu menggumpal, gumpalan lemak dan protein tersebut dipotong, dibentuk dan difermentasi menjadi keju.

 

Miso

 

Tahukah Anda bahwa miso atau pasta fermentasi kedelai khas Jepang mampu membantu mencegah kanker? Ya, miso adalah salah satu makanan 'busuk' yang sehat. Masyarakat Negeri Sakura biasa membuat miso dengan proses fermentasi yang melibatkan kedelai, barley, gandum dan beras.

 

Acar

 

Apapun jenis acarnya, jika dikonsumsi akan memberikan manfaat bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

Tempe

 

Makanan satu ini sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang direndam di dalam cuka dan difermentasi dalam waktu tertentu. Kacang kedelai lantas direkatkan dengan miselium, yakni jenis jamur yang lengket dan aman dikonsumsi.

 

Kimchi

 

Kimchi telah menuai popularitas tinggi dalam beberapa tahun belakangan, terlebih lagi setelah dinobatkan sebagai makanan tersehat di dunia. Kimchi pada dasarnya merupakan sebutan bagi acar dalam bahasa Korea. Varian kimchi yang paling terkenal di dunia adalah baechu kimchi yang terbuat dari sawi putih.

 

Kefir

 

Kefir sebenarnya hampir sama dengan yoghurt yakni produk susu hewani yang diolah dengan proses inokulasi dengan biji kefir. Susu yang digunakan pun tak hanya susu sapi, namun juga susu kambing dan domba. Kefir sangat baik bagi lambung karena membantu mencegah gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Leave a Comment