Cara Mengenali Ayam Segar agar Anda Tidak Menjadi Korban Ayam Belatung

Seorang ibu digegerkan oleh temuan belatung saat menyantap olahan ayam cepat saji. Informasi ini beredar dari akun Path bernama Nabila yang menulis terdapat belatung dari ayam yang baru saja dimasaknya.

Kejadian bermula ketika Nabila dan anaknya sedang menyantap olahan ayam yang baru saja digoreng. Ketika akan menghabiskan ayam tersebut terdapat sesuatu yang bergerak pada tangannya. Ternyata beberapa belatung keluar dai ayam tersebut dan menjalar ke tangannya.

Nabila merasa bingung akan hal itu karena produk olahan tersebut dikemas cukup rapi, dibekukan dalam freezer, masa kadaluarsanya pun masih lama. Berikut ini curhatan Nabila dalam akun Pathnya secara lengkap.

"Sekedar informasi saja. Bagi mom yang suka makan produk ini agar lebih berhati-hati. Selepas magrib tadi anak saya makan spicy chick merk fiesta ayam berbumbu yang tinggal digoreng doang. Kaget banget pas mau abis tuh ayam, tiba-tiba ada yang ngerembet di tangan pas diperhatiin ternyata belatung. Bingung terbingung darimana gerangan datangnya. Selidik punya selidik ternyata tuh belatung datang dari ayam seperti yang berada di dalam gambar. Masya Allah, itu produk beli beku, disimpen dalam freezer, udah gitu digoreng pula hebatnya tuh belatung hidup enggak mati. Padahal exp masih lama lho," curhat Nabila.

Untuk itu Anda perlu lebih selektif dalam membeli panganan khususnya daging ayam. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih daging ayam yang segar.

1. Pilihlah daging ayam yang terasa membal dan kembali ke bentuk semula saat dipencet dagingnya. Jangan pilih ayam dengan daging yang keras ataupun lembek. 

2. Pilihlah daging yang berwarna merah muda segar, bukan yang kekuningan. Kadang daging ayam juga berwarna putih karena terlalu lama direndam dalam es. Ayam berwarna putih masih bisa digunakan, asalkan masih memiliki unsur warna merah muda yang menunjukkan kesegarannya. 

3. Untuk menghindari ayam tiren alias ayam yang sudah mati sebelum dipotong, periksa kulit ayam. Jangan pilih ayam dengan kulit yang memar, terutama di daerah sayap. 

4. Hindari ayam yang terlihat bulat dan bengkak karena hal itu merupakan tanda bahwa ayam telah disuntik dengan air.



Leave a Comment