Cara dan Teknik Mengolah Daging untuk Penderita Kolesterol

Dengan teknik mengolah daging yang baik, Anda yang memiliki kolesterol tinggi bisa tetap mengonsumsi daging dengan nikmat. Baca teknik mengolah daging untuk penderita kolesterol di sini!

Anda memiliki kolesterol tinggi namun tidak siap menjadi vegetarian? Tenang saja. Anda tetap dapat mengonsumsi daging dengan teknik mengolah daging yang tepat.

Pertama, kurangi porsinya. American Heart Association menganjurkan untuk membatasi konsumsi daging sebesar 170 gram dalam sehari.

Kedua, pilih daging yang mengandung lemak yang minimal.

Ketiga, lakukan teknik mengolah daging yang tepat.

Memilih Daging

American Heart Association merekomendasikan agar Anda mengurangi konsumsi daging merah, dan sebaliknya menggantinya dengan daging putih seperti ayam dan ikan.

Pilihlah ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, hering, sarden, dan tuna. Omega-3 merupakan lemak baik yang bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah Anda.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging unggas, pilihlah ayam atau kalkun ketimbang bebek atau angsa, karena ayam dan kalkun memiliki kandungan lemak lebih sedikit.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging merah seperti sapi dan kambing, pastikan Anda memilih potongan daging yang rendah lemak. Sebelum memasak, buang dulu semua bagian lemak yang masih menempel pada daging.

Kurangi konsumsi daging olahan seperti sosis, salami, dan bacon, karena daging tersebut tinggi kalori dan lemak jenuh. Selain itu, daging olahan juga mengandung banyak garam.

Mengolah Daging

Memanggang akan lebih baik daripada menggoreng, karena minyak atau lemak yang digunakan akan lebih sedikit. Setelah mengolah daging – baik itu memanggang atau menggoreng – selalu tiriskan daging terlebih dahulu sebelum disajikan. Untuk menyerap minyak berlebih, Anda juga dapat menggunakan kitchen towel (tisu besar dan tebal untuk keperluan dapur).

Jika sesekali Anda ingin menggoreng daging, gunakan minyak kanola, minyak biji bunga matahari, dan minyak kedelai ketimbang margarin atau minyak kelapa sawit.

Untuk lebih meminimalkan kandungan lemak pada daging unggas, Anda disarankan untuk membuang kulitnya terlebih dahulu.

Ketika memanaskan sup sisa kemarin, umumnya lemak akan mengapung di bagian atas. Anda dapat mengambil lemak tersebut dengan sendok dan membuangnya.



Leave a Comment