Berbahagialah anda yang bisa menangis, ternyata inilah manfaatnya

 

SETIAP orang tentunya pernah dan sering mengeluarkan air mata. Disaat sedih, bahagia dan mengenag masa-masa indah, air mata terkadang keluar tanpa kita duga.

Namun, tahukah Anda, air mata ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari dokter.ir, ketika Anda mengeluarkan air ternyata ada beberapa manfaat dari hal itu. Adapun manfaat mengeluarkan air mata bagi kesehatan yakni:

 

1. Membantu melihat lebih jelas
Tahukah Anda bahwa air mata ternyata berfungsi sebagi pelumas bagi bola mata dan kelopak mata.

Selain itu, air mata juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada membran mukosa mata Anda. Kekurangan pelumas mata dapat membuat Anda mengalami gangguan penglihatan.

2. Bisa membunuh bakteri
Tahukah Anda, saat menangis ternyata bisa juga membunuh bakteri yang ada di dalam mata. Hal ini dikarenakan air mata mengandung suatu enzim yakni lisozim, yang dapat membunuh bakteri.

3. Melampiaskan emosi
Saat Anda menangis berarti Anda membiarkan emosi "mengalir" keluar. Hal ini dapat sangat membantu bila Anda sedang kesal, sedih, stress, dan bahkan frustasi.

4. Membuat merasa lebih baik
Setelah Anda menangis, perasaan Anda biasanya akan menjadi lebih baik. Jadi, menangis bukanlah suatu hal yang buruk.

5. Membuang racun
Menangis ternyata tidak hanya dapat membunuh kuman yang ada di dalam mata, tetapi juga dapat membuang racun dari dalam tubuh lho, terutama racun yang disebabkan oleh stress.

6. Mengurangi stress
Sama seperti saat Anda berolahraga, menangis juga dapat membuat kadar stress menurun. Sebaliknya, saat Anda menahan tangisan, maka kadar stress justru akan meningkat.

7. Mencegah depresi
Jika terus menahan kesedihan, maka Anda tidak hanya akan merasa stress tetapi juga depresi lho.

Oleh karena itu, biarkanlah air mata Anda keluar saat merasa sedih. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik sesudahnya.

Leave a Comment