Berbagai Manfaat Garam Bagi Kecantikan Rambut dan Kulit Wajah

 

Garam selain berguna sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa makanan, ternyata memiliki segudang manfaat kecantikan. Tak banyak orang yang tahu bahwa ternyata garam dapat digunakan untuk mempercantik rambut.

 

Garam dapat membuat rambut bergelombang dengan alami. Tidak perlu pergi ke salon untuk mendapatkan gaya rambut ala beach waves. Cukup dengan menyemprotkan air laut ke rambut Anda. Rambut ikal alami dapat diperoleh dengan menyiram air garam ke kepala. Menurut Amber Katz dari situs Rouge 18, garam pasir yang melekat pada rambut akan membentuk tekstur rambut menjadi lebih ikal dan cantik.

 

Selain bermanfaat pada kecantikan rambut, garam juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan lainnya.

 

1. Scrub alami untuk facial

Garam memiliki tekstur yang agak kasar, sehingga dapat bermanfaat untuk meluruhkan sel kulit mati di wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menganjurkan untuk mencampur minyak wajah (facial oil) dengan garam dapur, selanjutnya oleskan adonan pada wajah dan dipijat dengan gerakan memutar. Bilas wajah hingga bersih, setelah melakukan perawatan ini.

2. Detoks Kulit

Garam telah lama dipakai untuk campuran bahan facial di salon kecantikan. Garam mampu mematikan bakteri yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk perawatan rumahan, tuangkan secangkir garam ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Dengan mandi air garam selama 30 menit dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta mengurangi pembengkakan.

3. Toner alami

 

Bukan hanya sebagai bahan untuk perawatan facial, toner alami dapat dibuat dengan garam. Semprotkan air hangat yang telah dicampur dengan garam ke wajah, kemudian tepuk-tepuk sampai airnya kering. Toner ini bermanfaat untuk menutrisi kulit Anda.

4. Mengobati infeksi akibat pedicure

Terkadang, infeksi dapat terjadi setelah melakukan perawatan wajah seperti pedicure. Cobalah membuat ramuan alami dengan menggunakan garam. Tuangkan secangkir garam ke dalam air hangat. Rendam kaki ke dalamnya dan biarkan selama 30 menit. Lakukan perawatan wajah ini di pagi dan malam hari. Biasanya infeksi akan sembuh selama 2 hari.

5. Mengobati Jerawat

Jerawat sering menghilangkan rasa percaya diri pada wanita. Menurut pemilik salon Facials by Bonnie, garam dapat digunakan untuk mengobati jerawat akibat penggunaan sampo yang menyebabkan alergi pada kulit. Tuangkan ¼ sdt garam ke dalam segelas air hangat. Celupkan kapas ke dalamnya, tempelkan di wajah yang berjerawat dan biarkan selama 1 menit. Air garam ini akan mengurangi kemerahan di wajah dan pembengkakan.

6. Menghaluskan kulit

Untuk membuat scrub alami yang menghaluskan kulit, campur garam dengan minyak zaitun. Terapkan pada wajah sebagai scrub alami untuk menyamarkan kerutan. Rasa perih yang timbul disebabkan efek garam dalam melawan infeksi di kulit. Untuk membuat tubuh lebih nyaman, tambahkan minyak esensial seperti vanila, lavender atau cinnamon.

7. Mengatasi bibir retak

Garam dapat digunakan sebagai obat alternatif bagi bibir kering dan pecah-pecah. Dikutip dari situs Entertainista, mulai dengan mencampur 3 sdt garam dengan 1 sdt vaseline. Aduk hingga merata, kemudian gosokkan adonan pada bibir yang kering. Cara ini akan mengelupaskan kulit sel-sel kulit mati dan kering. Lanjutkan dengan lap basah, kemudian oleskan lip balm untuk melembabkan bibir Anda.

8. Mengobati mata bengkak

Banyak makan garam memang dapat menyebabkan wajah menjadi gemuk. Namun, garam ternyata efektif dalam mengobati pembengkakan pada kelopak mata. Campurkan garam bersama air hangat untuk diterapkan pada mata bengkak.

9. Menyegarkan bau mulut

Bukan hanya untuk kecantikan rambut dan kulit, garam juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Cara membuat obat kumur alami dengan mencampur garam, baking soda dan air. Gunakan campuran ini sebagai obat kumur alami yang mampu mematikan bakteri di mulut.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.



Leave a Comment