Benarkah Halusinasi Bukan Dari Penyakit Mental ?

 

Halusinasi merupakan suatu gejala gangguan psikologi yang dialami oleh seseorang ketika membayangkan sesuatu hal yang sesungguhnya tidak ada atau tidak jelas secara penginderaan. Banyak orang mengira bahwa kondisi ini terjadi ketika manusia berada dalam kondisi fisik dan mental yang sudah sangat lelah. Tetapi, apa benarkotak manusia sesungguhnya telah dirancang untuk memberikan halusinasi ini ?

Seperti dilansir dari Independent, menurut profesor Paul Fletcher dari Cambridge University, halusinasi yang terjadi di dalam otak bukanlah dalam bentuk yang khayalan yang berlebihan . Tetapi berkhayal sebagai prediksi atas benda yang dilihat, dicium, atau didengar sekilas oleh indera kita . Prediksi atas penginderaan yang minim ini juga termasuk dalam halusinasi.

 

Memprediksi hal yang hanya sedikit dipahami dan kemudian mengartikan sendiri sebagai suatu hal tertentu ini dapat disebut sebagai halusinasi. Bentuk halusinasi seperti ini dapat membuat seseorang menjadi lebih efisien dan siap dalam menghadapi berbagai hal yang masih belum jelas dan rumit.

 

Menurut Naresh Subramaniam dari Cambridge University, temuan akan halusinasi ini sangat penting karena ternyata hal ini juga dapat terjadi pada manusia dengan kondisi otak yang normal. Selama ini halusinasi selalu dipahami sebagai suatu penyakit mental saja . Tetapi temuan ini menunjukkan bahwa halusinasi merupakan kondisi yang normal dan dapat bermanfaat bagi manusia.

Leave a Comment