Bayi Kembar Lahir dari Satu Ibu Beda Ayah

 

Ini kasus langka. Bayi kembar yang dilahirkan seorang ibu di Vietnam memiliki dua ayah berbeda. Kondisi itu diketahui setelah seorang profesor melakukan uji DNA pada kedua bayi tersebut.

Bayi kembar itu lahir dari pasangan yang tak disebut namanya. Tes DNA pada bayi itu sengaja dilakukan karena keduanya tampak berbeda.

 

“Laboratorium Pusat Analisis Teknologi dan Genetik kami telah menguji dan menemukan dua ayah bayi kembar itu,” tutur Le Dinh Luong, presiden Asosiasi Genetik Vietnam, sebagaimana dikutip Dream dari Al Arabiya, Kamis 10 Maret 2016.

 

“Kasus ini langka tak hanya bagi Vietnam, tapi juga dunia,” tambah dia, sambil menegaskan bayi kembar ini punya ayah berbeda tapi ibu yang sama.

 

Kasus seperti ini, kata dia, bisa terjadi jika dua telur dari ibu yang sama dibuahi oleh sperma dari dua pria, pada dua pembuahan yang berbeda namun dalam periode satu ovulasi yang sama.

 

Menurut kantor berita Tuoi Tre, uji DNA ini diminta oleh suami sang perempuan ke laboratorium Hanoi untuk memastikan apakah dia merupakan ayah biologis dari si kembar ini.

 

Keluarga sang lelaki mendesaknya untuk melakukan uji DNA, karena salah satu bayi yang dilahirkan oleh sang istri berbeda sama sekali dengan kembaran dan juga lelaki itu.

 

Bayi yang saat ini sudah berusia dua tahun itu memang berbeda. Salah satu berambut tebal, bergelombang. Sementara yang lain berambut tipis dan lurus.

 

Setelah tes DNA dilakukan, diketahui hanya satu bayi yang menjadi anak biologisnya. Bayi itu lahir dengan kelamin yang sama, pada hari sama, hanya terpaut beberapa jam. 

Leave a Comment