6 Gejala Kerusakan Hati yang Tak Disadari

 

BANYAK orang tidak menyadari telah menderita penyakit kerusakan organ hati. Hal ini memang karena gejala kerusakan hati sering sama dengan penyakit lain, sehingga tak disadari.

Lalu apa saja yang dirasakan oleh seseorang bila mengalami kerusakan hati? Berikut 6 gejala kerusakan hati yang tak disadari banyak orang sebagaimana dikutip Thehealthsite.

Warna urin gelap

 

Karena ada peningkatan produksi garam empedu dan hati tidak berfungsi dengan baik, serta kurangnya enzim untuk memecah garam-garam ini menyebabkan akumulasi pigmen empedu dalam tubuh yang dieksresikan dalam urin dan tinja. Pigmen ini sedikit berwarna gelap, sehingga perubahan warna urin ini sebagai tanda kerusakan hati.

Nyeri perut

 

Hati terletak di bagian kanan atas perut. Karena itu, nyeri yang terasa di bagian tersebut kemungkinan menjadi tanda kerusakan hati. Selain itu, distensi abdomen juga bisa menunjukkan pembengkakan hati, sehingga harus segera diperiksa ke dokter.

Pembengkakan di kaki

 

Tidak banyak orang yang menyadari fakta bahwa kerusakan hati bisa ditandai dengan pembengkakan pada kaki. Hal ini disebabkan ketidakmampuan hati untuk menguras racun, sehingga terjadi penumpukan dan menghalangi aliran darah.

Kehilangan nafsu makan

 

Salah satu tanda-tanda dari kerusakan hati adalah kurangnya nafsu makan. Setiak kerusakan hati menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh yang mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, kerusakan hati juga menghambat penyerapan vitamin dan mineral, sehingga mengakibatkan kelelahan. Jadi, jika menderita kehilangan nafsu makan selama seminggu, maka harus diperiksakan ke dokter.

Mual dan muntah

 

Gejala umum dari kerusakan hati adalah mual dan muntah, terutama disebabkan oleh kelebihan beban racun pada hati. Hal ini pada akhirnya memicu gangguan pencernaan, sehingga bisa membuat Anda terus-menerus muntah.

Perubahan warna mata

Sebuah tanda penyakit kuning atau hepatitis adalah menguningnya mata dan kulit. Namun, jika ada perubahan warna mata, terutama di pagi hari, maka bisa jadi itu tanda kerusakan hati. Karena itu, penting untuk menyadari perubahan warna mata, sebab menjadi salah satu tanda-tanda awal hati tak berfungsi dengan baik.

Leave a Comment