5 Mitos tentang tidur siang ini benar atau salah?

 

Perlahan tapi pasti, makin banyak penelitian tentang tidur yang membuktikan bahwa kekuatan tersebut bisa sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Bahkan, tidur siang pun kini disarankan bagi para pekerja demi produktivitas kerja mereka.

Namun meski ratusan penelitian membuktikan bahwa tidur itu adalah hal esensial yang paling dibutuhkan manusia, masih banyak yang tak percaya kan kekuatan tidur. Masih banyak yang menganggap bahwa tidur berarti lemah.

 

Jika kamu masih meragukan kekuatan tidur siang bagi tubuh, coba simak beberapa mitos tentang tidur yang akan dibuktikan dengan sains berikut ini.

 

1. Mitos: Tidur hanya diperuntukkan bagi mereka yang malas atau balita.

 

Fakta: Dari penelitian yang dilakukan oleh LiveScience, sepertiga dari masyarakat Amerika Serikat ternyata menerapkan tidur siang. Ternyata hal ini bukan karena malas, namun karena sadar tentang kebaikan tidur siang. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kewaspadaan tubuh, serta meningkatkan memori dalam kreativitas dan produktivitas.

 

Jika ternyata tidur siang dapat meningkatkan produktivitas, tak ada yang terlihat malas dari hal tersebut bukan?

 

2. Mitos: Tidur siang terkadang membuat tubuh malah makin capek.

 

Fakta: Perasaan pening atau puyeng ketika bangun tidur ternyata hal yang wajar. Bahkan hal tersebut memiliki nama dalam dunia medis yakni 'sleep inertia.' Namun hal tersebut bukan jaminan kalau tidur justru merusak kebugaranmu.

 

Hal ini sangat dipengaruhi oleh selama apa kamu tidur. Para pakar tidur hanya menyarankan untuk tidur siang selama 30 menit. Jika lebih dari itu, seseorang akan memasuki fase 'deep sleep.' Sehingga rasa pening itu akan muncul karena intensitas tidur yang terlalu banyak.

 

Untuk tidur siang, set alarm antara 20 hingga maksimal 30 menit.

 

3. Mitos: Tidur tidak seharusnya dilakukan di kantor

 

Fakta: Kita tak pernah berharap bisa terjebak masalah dengan atasan karena kita sengaja tidur di waktu kerja, namun hal ini ternyata penting. Beberapa perusahaan yang sudah mengerti akan hal ini, justru mendesain sebuah area untuk tidur siang para karyawannya.

 

Jika kantormu tidak ada fasilitas ini, lakukan saja di tempat yang memungkinkan di jam makan siang. Hanya butuh waktu maksimal 30 menit untuk membuatmu bugar kembali menghadapi setengah hari kerja berikutnya.

 

4. Mitos: Minum kopi sebelum tidur dapat membuat seseorang lebih 'melek'

 

Fakta: Ternyata hal ini bukan bualan belaka, karena ada istilah 'caffeine nap' serta 'nappucino' berdasarkan fenomena ini.

 

Untuk melakukan ini, nikmatilah secangkir kopi lalu segera tidur. Ketika kamu tidur, kafein akan bekerja dalam tubuh, di mana kafein biasanya bekerja secara efektif dalam 20 hingga 30 menit. Sehingga ketika kamu bangun dari tidur ini, kamu akan merasa lebih segar.

 

5. Mitos: Seorang tentu akan lebih produktif jika lanjut kerja daripada membuang waktu untuk tidur siang.

 

Fakta: Yap, kamu akan menjauhkan pekerjaanmu selama beberapa saat. Namun tidur siang adalah investasi yang bagus untuk produktivitas pekerjaanmu.

 

Dalam sebuah penelitian, pakar tidur Sara Mednick menyatakan bahwa mustahil untuk menopang produktivitas tetap konsisten setiap jamnya. Dengan tidur siang, kita akan lebih siap secara fisik dan mental untuk menghadapi separuh pekerjaan dalam separuh waktu tersebut secara lebih efektif.

Leave a Comment