4 Penyakit yang Ditularkan Melalui Tikus

 

Tikus merupakan hewan pembawa penyakit yang sering ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Inilah 4 penyakit yang ditularkan melalui tikus.

 

Tikus yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal sering kali mengganggu kenyamanan keluarga kita. Tikus, selain berbahaya bagi anak-anak, juga berbahaya bagi orang dewasa yang berada di lingkungan tersebut.

Tikus adalah golongan hewan pengerat dengan segudang penyakit. Dari bentuk dan warnanya saja sudah dapat meyakinkan kita bahwa hewan ini layak untuk dibenci. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan oleh tikus, sang hewan pengerat, ini.

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh tikus, antara lain:

  1. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus pulmonary syndrome adalah penyakit menular gangguan pernapasan yang ditandai dengan gejala seperti flu yang dapat berkembang dengan cepat dan berpotensi mengancam jiwa. Virus ini dibawa oleh beberapa jenis hewan pengerat, terutama tikus. Seseorang dapat terinfeksi penyakit ini karena menghirup udara yang terpapar oleh hantavirus, yang mengandung urin dan kotoran tikus. Pengobatan untuk penyakit ini belum dapat dilakukan dengan maksimal, jadi cara terbaik untuk mencegah Anda terpapar penyakit ini adalah dengan menghindari tikus ataupun tempat yang bertikus.

  1. Rat Bite Fever

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan tikus yang secara langsung mengenai tubuh. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang sudah tergigit oleh tikus sebelumnya.

  1. Leptospirosis

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Leptospirosis dapat terjadi di seluruh dunia, baik di pedesaan maupun di perkotaan, baik di daerah subtropis ataupun daerah tropis. Orang yang bekerja di luar ruangan bersama hewan, seperti peternak dan petani, lebih berisiko untuk terkena penyakit ini. Pada umumnya, penyakit ini terjadi di saat musim hujan dan banjir. Air kencing pada hewan yang terkontaminasi merupakan sumber penularan yang utama. Sejauh ini diketahui bahwa tikus merupakan sumber utama penyebar penyakit Leptospirosis.

  1. Murine Typhus

Murine Typhus atau demam tifus atau penyakit Ricketsia adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kelompok bakteri gram negatif dari golongan Rickettsiae. Bakteri spesies Rickettsiae dapat ditemukan di binatang atau serangga kecil kelompok arthropoda, seperti tungau, kutu, tuma atau caplak yang telah terinfeksi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditemui pada kotoran binatang yang telah terinfeksi. Tikus merupakan penyebab utama, penyebar bakteri ini.

Leave a Comment