3 Sebab Karsinogen Sumbang Sel Kanker

KARSINOGEN sering menjadi penyebab utama kanker. Tapi bagaimana cara kerja zat itu sehingga dapat mengancam nyawa seseorang secara tiba-tiba?

Berdasarkan hasil penelitian intensif, berikut ulasan tiga cara kerja karsinogen merusak tubuh seorang penderita kanker, yang dilansir Boldsky.

Mutasi


Karsinogenik dapat bermutasi di bawah kategori genotoxins. Keduanya, menyebabkan kerusakan struktur DNA, sehingga menggerogoti organ tubuh manusia secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu, ada pula agen non-kimia seperti sinar ultraviolet dan radiasi pengion yang menjadi perusak DNA. Terlepas dari tesis, virus tertentu juga dapat menyebabkan mutasi gen.

Cacat dalam perbaikan sel


Sel-sel kita berfungsi dengan baik karena mekanisme perbaikan tergolong efisien apabila terjadi pembelahan sel. Nah, mengapa karsinogen penyebab kanker bahkan ketika ada sistem perbaikan DNA yang efektif?

Sebabnya, ada kecacatan pada mekanisme saat memperbaiki sel, sehingga akan menghasilkan DNA yang rusak. Hal ini tentu menyebabkan pertumbuhan sel abnormal dan menyebabkan kanker.

Mempercepat bagian sel


Karsinogen tertentu kuga bertindak untuk meningkatkan laju pembelahan sel. Hal ini kemungkinan akan meningkatkan struktur DNA. Maka, seseorang pun mengalami risiko menderita kanker dengan cara berbeda, tergantung bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap karsinogen.

Leave a Comment