3 Masker Alami Untuk Cerahkan Kulit Kusam Akibat Sinar Matahari

 

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang cerah, bersih dan putih. Sayang, karena terbiasa berada di bawah sinar matahari langsung, hal ini sering kali membuat kulit yang semula cerah menjadi kusam atau gosong atau terbakar. Bagi beberapa orang, kulit kusam akibat sinar matahari ini mungkin bisa cerah dengan sendirinya secara mudah tanpa harus melakukan perawatan khusus. Tapi, bagi beberapa orang lain, kondisi ini bisa saja berlangsung lama dan kulit akan tetap kusam jika tidak dirawat dengan baik.

Kalau kamu mengalami kulit kusam atau gosong karena sinar matahari, kamu nggak perlu khawatir Ladies. Dikutip dari laman stylecraze.com, ada beberapa bahan alami yang bisa dibuat sebagai masker alami untuk mencerahkannya. Masker alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Masker Buah Lemon dan Mentimun

    Masker alami pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit adalah masker buah lemon. Cara membuat masker ini sendiri sangatlah mudah. Ambil 1 buah lemon lalu peras airnya. Siapkan juga satu buah mentimun segar lalu blender hingga halus dan 2 sdm air mawar. Jika semua bahan siap, campurkan semuanya dan aduk rata. Terapkan masker alami ini di kulit kamu yang kusam atau gosong. Diamkan kira-kira selama 20 menit sambil pijat halus. Bilas kulit dengan air dingin seperti biasa. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

     
  • Masker Buah Lemon dan Madu

    Masker alami kedua yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit kusam akibat sinar matahari adalah masker buah lemon dan madu. Ambil 1 buah lemon lalu peras airnya dan campur bersama 2 sdm madu. Campur hingga rata lalu gunakan sebagai masker di kulit kusam. Oleskan secara merata ke kulit lalu pijat lembut dan diamkan kira-kira selama 15 - 20 menit. Bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur atau saat pagi hari sebelum beraktivitas.

     
  • Masker Kunyit dan Susu

    Masker ketiga yang bisa mencerahkan kulit kusam akibat sinar matahari adalah masker kunyit dan susu. Siapkan satu rimpang kunyit segar lalu cuci bersih dan haluskan dengan diparut atau kunyit bubuk (sesuai selera). Siapkan pula 1/4 cangkir susu murni. Campur kunyit dan susu hingga membentuk pasta atau masker. Oleskan ke kulit yang kusam secara merata dan diamkan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, bilas dengan kulit dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan dengan cara ini setidaknya 2 hari sekali.

     


Ladies, itulah beberapa masker alami beserta cara memakainya agar kamu bisa mengatasi masalah kulit kusam akibat sinar matahari langsung. Oh iya, selain bahan alami di atas yang bisa dibuat sebagai masker, sebenarnya juga ada bahan alami lain lho. Bahan alami tersebut antara lain adalah air cucian beras, tanaman lidah buaya, rempah kencur, rempah jahe, buah bengkuang dan buah pisang. Semoga, informasi ini bermanfaat ya?

Leave a Comment